Wisuda Diploma Tiga, Sarjana, Magister dan Doktor Universitas Gunadarma 2008

June 5, 2008 by redaksi 

liputan6

Universitas Gunadarma, Selasa (6/5)  menyelenggarakan Wisuda Diploma Tiga, Sarjana, Magister  Dan Doktor. Acara berlangsung  di Balai Sidang Senayan Jakarta atau Jakarta Convention Center (JCC). Hadir pada kesempatan tersebut ribuan wisudawan dan wisudawati yang menenmpati areal lantai dasar serta para orangtua atau sanak keluarganya yang menempati areal tribun. Inilah kegiatan tahunan UG yang dapat dijadikan tonggak sejarah akan keberhasilan suatu proses akademik yang  menjadi pertanda keberhasilan proses belajar mengajar yang selama ini berlangsung di UG.
Prof. dr. Haryoto Kusnoputranto, SKM, Dr. PH. Sumber Daya Manusia  yang berkualitas hanya dapat diwujudkan  melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas pula.
Ada juru foto yang lalu lalang di luar gedung Balai Sidang Senayan.     Ada karangan bunga yang berjajar rapi di depan pintu masuk dengan kata ucapan selamat kepada UG dan segenap  wisudawan dan wisudawati. Suara gaduh dan hiruk pikuk mewarnai suasana saat itu.Itulah pemandangan awal  di luar gedung  saat berlangsung  wisuda yang diselenggarakan oleh UG pada awal Mei lalu. Pemandangan berikutnya adalah para calon wisudawan dan wisudawati dengan  didampingi para orangtua dan sanak keluarganya satu persatu memasuki gedung Balai Sidang Senayan. Di dalam gedung atmosfir suasana langsung berubah hening dan senyap. Tak ada celoteh kata-kata maupun tawa ceria. Suasana makin hening dan khidmat  saat  prosesi Senat Universitas Gunadarma memasuki arena wisuda. Seluruh hadirin langsung berdiri menyambut prosesi Senat.  Prosesi Senat dimulai tepat pukul 09.00 dan dipimpin langsung oleh Rektor UG, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE. MM.

Ungkapan syukur
Usai prosesi  senat, acara dilanjutkan dengan pembukaan  dan sambutan  secara resmi Sidang Terbuka  Senat Universitas Gunadarma oleh Rektor. Dalam kata sambutannya, Rektor mengucapkan syukur  kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat  dan hidayahNya karena dapat bersama-sama hadir  untuk mengikuti Sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma di Balai Sidang Senayan Jakarta. Sidang Senat Terbuka diselenggarakan berkenaan dengan wisuda  Program Diploma Tiga, Program Sarjana Starata Satu, Program Pasca Sarjana Magister dan Program Doktor. Selain itu, juga dilakukan pemberian piagam dan beasiswa  kepada mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik  pada semester ganjil 2007/2008.Dikatakan Rektor, sebanyak 1.983 wisudawan dan wisudawati  menerima tanda lulus dan berhak menyandang gelar  akademik  sesuai jurusan masing-masing. Para wisudawan-wisudawati  ini terdiri dari  528  wisudawan-wisudawati Program Diploma, 1350 wisudawan-wisudawati  Program Strata Satu, 101 wisudawan-wisudawati  Program Magister dan 4 wisudawan-wisudawati Program Doktor.

“Jumlah mahasiswa aktif sampai tahun akademik 2007/2008 mencapai 18.025 orang. Jumlah ini mencerminkan  kepercayaan masyarakat  yang cukup besar kepada Universitas Gunadarma. Hal ini tentu saja memacu  segenap Civitas Akademika Gunadarma untuk terus  mengembangkan diri. Pengembangan diri ini diwujudkan antara lain dalam bentuk pembenahan pada berbagai program studi yang ada,” ungkap Rektor.Lebih lanjut dikatakan,  sampai saat ini Universitas Gunadarma  mengasuh enam fakultas  Program Strata Satu, Program Pasca Sarjana dan Program Diploma. Keenam fakultas  tersebut adalah; Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra.

Program Pasca Sarjana  menyelenggarakan pendidikan berupa Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Program Magister  saat ini mengasuh enam Program Studi, yakni; Program Magister Sistem Informasi, Program Magister Manajemen, Program Magister Teknik Elektro, Program Magister Sastra, Program Magister Psikologi dan Program Magister Teknik Sipil. Adapun Program Doktor (S3) mengasuh  Program Doktor Ilmu Ekonomi dan Program Doktor Teknologi Informasi/Ilmu Komputer.Preogram Diploma terdiri dari  beberapa program studi, yaitu Program Diploma Teknologi Informasi, Program Diploma Bisnis Kewirausahaan dan Program Diploma Kesehatan. Program Studi Teknologi Informasi mengasuh  Program Studi D3 Manajemen Informatika dan Program Studi D3 Teknik Komputer. Program Diploma Bisnis Kewirausahaan mengasuh program Studi D3  Akuntansi Komputer, Program Studi D3 Menejemen Keuangan dan Program Studi D3 Manajemen Pemasaran. Sedangkan Program Diploma Kesehatan mengasuh Program Studi D3 Kebidanan.

Peningkatan sarana dan prasarana

“Sarana dan prasarana  kampus terus dibangun dan dikembangkan  guna menunjang kegiatan belajar mengajar yang kondusif. Kegiatan mahasiswa di laboratorium merupakan perhatian utama, selain kegiatan mengajar di kelas.Selain Laboratorium Dasar, Menengah dan Lanjut yang dikenal  sebagai laboratorium regular, setiap fakultas  juga memiliki unit kerja yang dinamakan Lembaga Pengembangan. Lembaga Pengembangan ini  menyelenggarakan pelatihan dalam bentuk kursus dan workshop dengan pilihan materi yang sedang trend  pada masa sekarang,” tandas Rektor.Upaya peningkatan sarana dan prasarana kampus tersebut, kata Rektor, terus didukung  dari pendanaan yang memadai. Setelah sebelumnya memperoleh pendanaan  dari Asian Development  Bank (ADB) melalui  Project Technological and Professional  Skill Development Project (TPSDP), saat ini UG telah memenangkan proyek pemerintah melalui Depdiknas, di antaranya; Program Hibah Kompetisi (PHK) A3 untuk Program Studi  Manajemen dan Program Studi Arsitektur,  PHK Transfer Teknologi, PHK K3 INHERENT, PHK Penelitian, Program Hibah Gubernur DKI Jakarta dan  Program Hibah Kompetisi Institusi (PHK I).

Bersamaan dengan upaya peningkatan sarana dan prasarana belajar mengajar, UG juga terus mendorong  seluruh staf pengajarnya untuk selalu mengembangkan ilmu pengetahuan dan kemampuannya. Pengembangan dilakukan melalui  program tugas belajar, baik di dalam negeri  maupun di luar negeri . Pengembangan tersebut juga dilakukan  melalui penelitian-penelitian yang dikelola oleh  lembaga penelitian fakultas.  Penelitian yang dilakukan  meliputi penelitian perorangan  dan penelitian yang dilakukan atas kerjasama  dengan berbagai pihak, misalnya dengan  Depdiknas dan dari kalangan industri. Selain ditujukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan  dan kemampuan, penelitian yang dilakukan juga  mengemban misi darma yang ketiga, yaitu Pengabdian Pada Masyarakat.“selanjutnya hasil penelitian disebarluaskan  melalui seminar dan lokakarya. Melalui kegiatan ini terjadi proses sharing ilmu pengetahauan di antara sesame staf  pengajar. Hasil penelitian tersebut  selanjutnya diterbitkan dalam Jurnal Ilmiah UG yang telah terakreditasi. Jurnal ilmiah tersebut adalah Jurnal Ekonomi Bisnis, Informatika Dan Komputer, Psikologi, Bahasa dan Sastra,” kat Rektor lagi.Selanjutnya, kepada para wisudawan dan wisudawati, Rektor berpesan untuk senantiasa menjaga nama baik alamamater dan senantiasa membuka mata, meluaskan  wawasan dan  dapat menangkap  peluang dengan jeli. “Sumbangsih Saudara kepada Universitas Gunadarma juga tetap  kami harapkan. Karena itu, tetaplah  menjalin hubungan  dengan alamamater agar Saudara memiliki andil  yang berarti untuk kemajuan adik atau bahkan  anak Saudara kelak,”  harap  Rektor.

SDM berkualitas
Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah III, Prof. dr. Haryoto Kusnoputranto, SKM, Dr. PH, dalam kesempatan memberikan kata sambutan mengatakan bersyukur dan  mengucapkan selamat kepada wisudawan-wisudawati serta segenap Civitas Akademika Universitas Gunadarma.
Dikatakan lagi, untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompetitif secara global, maka lulusan perguruan tinggi harus dibekali dengan kemampuan keilmuan yang adaptif yang dapat dikembangkan sesuai  dengan kebutuhan  perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lulusan perguruan tinggi  juga harus  memiliki karakter  yang kuat, memiliki kepekaan terhadap nilai sosial dan budaya bangsa, kemandirian dan semangat  kewirausahaan serta jiwa kepemimpinan yang tinggi.Disadari,  untuk menghasilkan sumber daya manusia  yang berkualitas hanya dapat diwujudkan  melalui penyelenggaraan pendidikan yang brkualitas pula. Oleh karena itu, pendidikan harus diselenggarakan  dengan meningkatkan kualitas pengelolaan yang mampu  menggerakkan semua unit pelayanan pendidikan dalam suatu system mutu yang handal.

Dalam kaitan ini, perguruan tinggi dituntut berupaya  meningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas lulusannya. Peningkatan kualitas  tidak hanya dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, tapi juga menguasai kemampuan dan ketrampilan pendukung (soft skill). Satu hal yang tak kalah penting adalah penguasaan kemampuan dan ketrampilan  dalam memanfaatkan  teknologi informasi dan telekomunikasi.“Hari ini merupaan  akhir bagi Saudara dalam menempuh  proses belajar mengajar secara formal  pada Universitas Gunadarma. Tapi bukan berarti  akhir bagi Saudara untuk menimba ilmu  pengetahuan. Masih panjang  perjuangan dan banyak tantangan yang harus dihadapi dan banyak ilmu pengetahuan yang harus digali. Jadilah sosok yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya, sehingga kehadiran Saudara dapat diandalkan di dalam masyarakat,” ujarnya.Senada  dengan Prof. dr. Haryoto Kusnoputranto, SKM, Dr. PH, Presiden Direktur Asuransi  Alliance Life Indonesia, Jens Reisch, dalam orasi ilmiahnya mengatakan, sumber daya manusia yang berkualitas sangat dibutuhkan di era globalisasi saat ini. Namun hanya sumber daya manusia  berkualitas yang mampu bersaing dan memenangkan persaingan. Sumber daya manusia yang berkualitas, di antaranya adalah mereka yang mampu menguasai teknologi informasi dengan baik. Kemampuan seperti ini sangat dibutuhkan di dunia asuransi. Apalagi dunia asuransi di Indonesia saat ini cukup berkembang pesat.

“Universitas Gunadarma dikenal sebagai universitas berbasis IT, karena itu kami menunggu  kiprah Suadara di dunia asuransi,” ujar Jens Reisch. Setelah mendengar sambutan dan orasi ilmiah, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan beasiswa selama satu semester kepada 138  mahasiswa UG yang memiliki  prestasi akademik terbaik dengan Indeks Prestasi Komulatif tinggi. Pemberian beasiswa ini dimaksudkan untuk memacu semangat  dan memberikan motivasi kepada teman-teman lain agar selalu memacu  semangat dan meingkatkan prestasi akademiknya. Penerima beasiswa diambil dari setiap angkatan  terdiri dari mahasiswa Program Diploma dan Program Sarna (S1).Selanjutnya adalah acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh para wisudwan-wisudawati maupun para hadirin semua, yakni  acara pelantikan yang dipimpin langsung oleh Rektor UG.

Pelantikan dimulai  dengan mengundang wisudawan - wisudawati  Program Doktor. Sebanyak lima  doktor  tampil untuk dilantik Rektor, yakni Dr. Lintang Yuniar Banowati, S.Kom, M.Sc, Dr. Esnastuti, S.Si. M.Kom, Dr. Wahyu Kusuma Raharja, ST. MT, Dr. Bertalya, S.Kom, DEA dam Dr. Zuhad Ichyaudin, SE. MBA. Berikutnya berturut-turut dilakukan pelantikan terhadap wisudawan-wisudawati dari Program Magister, Program Sarjana dan Program Diploma.Usai pelantikan, maka berakhir wisuda sesi pagi  tepat pukul 12.00. Acara wisuda sesi siang dilanjutan kembali pada pukul 13.00 dan berakhir pukul 17.00. Pada sesi siang acara wisuda diisi dengan pengucapan janji oleh wisudawan-wisudawati  yang diwakili oleh wisudawan-wisudawati terbaik dari masing-masing fakultas. Acara wisuda secara resmi ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh  Ustadz Mulyadi, S.Ag. MM.  Sampai jumpa pada wisuda mendatang!
UG104

Wisuda 2008

2Wisuda2008

3Wisuda 2008

4Wisuda 2008

5Wisuda2008

6Wisuda2008

Comments are closed.