Gunadarma All About Accounting Competition 2017

Gunadarma All About Accounting Competition 2017

90
0
SHARE
gunadarma all about accounting competition 2017
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

gunadarma all about accounting competition 2017Universitas Gunadarma menyelenggarakan Gunadarma All About Accounting Compeititon (GAAAC) 2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya diselenggarakan untuk memperebutkan piala bergilir Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Bekerja sama dengan PT Zahir Indonesia dan Direktorat Jendral Pajak rangkaian acara berlangsung pada 18-19 Januari 2017, berupa lomba akuntasi dan pajak, seminar berskala maksimal dan lomba poster

Tema kegiatan tahun ini adalah “Meningkatkan Kualitas Intelektualitas Menuju Generasi yang Professional dan Kompeten dalam Bidang Akuntansi dan Perpajakan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, untuk menguji kemampuan mahasiswa di bidang akuntansi dan perpajakan berbasis teknologi informasi, mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui seminar dan pameran hasil lomba poster nasional.

Peserta lomba adalah mahasiswa aktif jenjang D3/S1 dari Jurusan Akuntansi seluruh perguruan tinggi di Indoneisa. Pserta merukapan tim yang terdiri dari 3 orang mahasiswa. Peserta Lomba Poster adalah mahasiswa dari berbagai jurusan dan perguruan tinggi. Peserta Seminar terdiri dari mahasiswa, dosen, dan pelaku usaha.

pajak

Motor Penggerak

Kompetisi Akuntansi dan Perpajakan 2017 terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pendeftaran online 28 November 2016 sampai 1 Januari 2017, penyisihan online 7 Januari 2017 dan semifinal pada Rabu 18 Januari 2017 di Lepma D42. untuk Grand Final berlangsung pada Kamis 19 Januari di D460.

Dalam Sambutannya Ketua Pelaksana Dr. Beny Susanti menyebutkan, latar belakang kegiatan ini adalah berhubungan dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat pesat dan dinamis sehingga dapat menjadi motor penggerak pada hampir semua aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan.

Mereka yang tidak mampu atau tertinggal dalam memanfaatkan teknologi ini akan mengalami kesulitan dalam memenangkan persaingan yang makin ketat. Demikian pula dengan mahasiswa ekonomi dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, harus segera meng-upgrade kemampuan dan penguasaan teknologinya, baik di bidang akuntansi maupun perpajakan.

Atas dasar itulah Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi menyelanggaraan kegiatan tahunan GAAAC bekerjasama dengan PT Zahir Internasional dan Direktorat Jendral Pajak berupa lomba Akuntansi dan Pajak, seminar nasional dan lomba poster. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan merupakan kegiatan yang kedua kalinya diselenggarakan untuk memperebutkan piala bergilir Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

“Alhamdulillah penyelenggaraan GAAAC mendapatkan apresiasi dan kesan baik bagi internal kampus maupun eksternal“, katanya.

Tahun lalu kurang lebih 34 perguruan tinggi dan swasta terdaftar menjadi peserta GAAAC. “Sedangkan tahuni ini tercatat sebanyak 73 kampus yang mendaftar. Dengan adanya peningkatan jumlah peserta pada GAAAC 2016 artinya penyebaran informasi semakin meluas dan antusiasme dalam mengikuti kegiatan ini juga meningkat. kegiatan ini mendapat animo luar biasa dari masyarakat dari seluruh Indonesia”, tuturnya.

Diakhir sambutannya Dr. Beny mengucapkan selamat berkompetisi untuk para peserta. “Apapun hasil yang didapat sejatinya semua adalah pemenang bagi diri kita sendiri” katanya. Ia berharap kegiatan ini menjadi pengalaman berharga bagi peserta dan memotivasi untuk harus berprestasi dan mengaktualisasikan diri menjadi lebih baik.

gaaac2

Ajang kompetisi bergengsi

Dalam sambutan pembukaannya Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Ir. Tuto Sugiharto, MSc, PhD menyambut peserta kompetisi dengan bahagia. “Kami sampaikan salam hangat dari kami buat dosen kalian, suatu saat kita bisa berjumpa,” katanya. “Kegiatan ini terselenggara untuk menyiapkan generasi muda yang gemilang.”

Kepada UGnews ia juga menyebutkan kegiatan ini menunjukan eksistensi dari Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma dalam menyelenggarakan kompetisis bertaraf nasional. Dengan bertambahnya jumlah peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, ini juga menunjukan kalau kompetisi ini mendapat kepercayaan dari dunia kampus

“Sehingga menjadi ajang kompetisi yang bergengsi,” katanya.

Usai sambutan tiba pada paparan mengenai teknis lomba yang disampaikan Riyan Julian dari PT. Zahir Internasional. Ia juga menjelaskan tentang PT Zahir Internasional yang berdiri sejak tahun 1996 dan kini sudah memiliki cabang di 65 kota di Indonesia. PT Zahir juga sudah memiliki kantor cabang di Malaysia dan dalam waktu dekat akan buka cabang di Australia.

Untuk lomba ini, katanya, setiap peserta membuat laporan keuangan dan lampiran transaksi dan semua peserta akan diberi soal kasus transaksi dalam soal dengan durasi waktu 60 menit. Kriteria penilaian pada ketepatan dan kecepatan.

“Bila ada yang sama-sama tepat maka akan dilihat waktunya,” katanya.

Sebelum penyelenggaraaan seminar diklakukan pembacaan doa yang dipimpin Widada, SE. MM. Seminar hari pertama yang dimulai siang hari itu menghadirkan Nina Kurnia Dewi, STP., MBA dari PT Jamkrindo, Dr. Luluk Kholisoh dan Sendra Wong selaku CEO PT Sofia Lestari Fintechindo yang menjadi moderator seminar kali ini, Dr. Misdiyono.

Seminar nasional ini mengangkat tema “Sinergizing Between Small Medium Enterprise With Credit Guarantee Company (Jamkrindo) Towards Advanced Sustainable Economics Developments”.

Dalam sambutannya Dr. Beny Susanti menyebutkan, di Indonesia pertumbuhan dan dan pemerataan harus dipicu dengan mendorong ekonomi lokal. Di tengah perlambatan ekonomi dunia, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) senantiasa tampil sebagai penyelamar sehingga peran dan kontribusinya harus makin ditingkatkan.

Keberpihakan perancanaan pemerintah terhadap masyarakat khususnya ekonomi kerakyatan, menjadi sangat penting melaluui UMKM. Pengembangan UMKM dengan mendorong supaya dapat naik kelas menjadi usaha yang sehat, mantap, dan menghasilkan laba.

Sementara itu Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Dr. Emmy Indrayani dalam sambutan pembukaan seminar menyebutkan, pemerintah telah membuat kebijakan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang terkait, salah satunya dengan UKM. Dengan dicanangkannya 3 butir kebijakan pokok bidang ekonomi yang salah satunya peningkatan jasa keuangan untuk pelaku UKM.

Sesuai dengan program pemerintah dalam peningkatan kapasitas UMKM dan koperasi maka seminar ini menjadi penting untuk lebih memahami dan mendalami kemudahan dan fasilitas untuk menghadapi problematika UMKM dan koperasi dalam usahanya untuk berkembang.

gunadarma all about accounting competition
Juara lomba poster, Juara 1 diraih oleh Tedy Nugraha dari Universitas Gunadarma

Hari kedua

Hari kedua acara merupakan kegiatan presentasi para peserta lomba yang diikuti 11 tim. Lalu pada siang hari diadakan seminar bertema Tax Administrative Reform: Will Tax Payers Benefided. Acara dibuka Wakul Rektor IV Universitas Gunadarma Prof. Dr. Didin Mukodim. Prof. Didin menyebutkan harapannya agar kegiatan ini bermanfaat. Kegiatan yang terdiri dari kompetisi di bidang akuntansi dan lomba poster ini diikuti mahasiswa yang bisa memberi wawasan.

gunadarma all about accounting competition
Juara satu sekaligus juara umum diraih Tim dari Universitas Indonesia

Sebagai pembicara seminar, hadir Baweono Kristiaji dari Partner of Danny Darussalam Tax Centre, Muhammad Ismail, SE., SKom, MM selaku CEO PT Zahir International dan Permana Adi dari IAI. Sebagai Moderator, Dr. Masodah.

Barwono memaparkan refleksi pajar tahun 2016 yang belum tercapai. Sementara untuk proyeksi penerimaan pajak 2017, sebesar 1,750.3 T dengan belanja negara 2.000,5 T dengan defisit anggaran 330,2 T. Arah reformasi pajak saat ini adalah kepastian hukum, efisiensi, efektifitas, stabil dan berkelanjutan, parsitipasif, transparansi dan selaras dengan perkembangan.

gunadarma all about accounting competition
Tim UG menjadi juara empat pada GAAAC 2017

Muhammad Ismail, SE., SKom, MM dari PT Zahir Internasional memaparkan mengenai pengguna internet di Indonesia yang meliputi 88,1 juta dengan koneksi mobile 326,3 juta dan pengguna sosial media 79,5 juta dan PT Zahir lahir sebagai perusahaan pembuat dan pengembang peranti lunak Akuntansi dengan nama Zahir Accounting yang didirikan tahun 1996.

gunadarma all about accounting competition 2017
Berfoto bersama para finalis, Tim juri, Panitia, dan permakalah

Sejak dipasarkan Zahir Accounting menjadi perhatian bagi para pengusaha yang memang memerlukan software akuntansi untuk menunjang pencatatan bisnisnya. Zahir telah digunakan oleh 30 ribu perusahaan berskala kecil, menengah dan besar, dengan lima puluh ribuan user di Indonesia dan mancaneara Zahir digunakan lebih dari 30 perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Permana Adi, Sekretaris Umum IAI memaparkan tentang statistik Amnesti Pajak (AP), faktor kunci AP, manfaat AP, realisasi indikator ekenomi makro, realisasi penerimaan pajak, indikator ekonomi makro APBN 2017, penerimaan pajak APBN 2017 dan kebijakan umum perpajakan.

Usai seminar, pengumuman lomba pun dimulai yang berawal dari lomba poster. Aspek penilaian poster adalah untuk konten, menekankan pada ide dari poster, kesesuaikan dengan tema lomba, kejelasan bahasa yang digunakan, kejelasan informasi dan menjelaskan gambar yang ada pada poster.

Untuk tampilan poster, tampil secara keseluruhan (kesan pertama), keselarasan paduan warna, menunjukan ide utama poster, layout, font yang digunakan dan penempatan logo UG dan GAAAC.

Untuk lomba poster tahun ini juara 1 diraih oleh Tedy Nugraha dari Universitas Gunadarma Juara 2 Muhammad Farhan Fadhilah dari SMA Presiden, Juara 3 Laila Fathonah Fauziah dari Politeknik Negeri Bandung. Sedang untuk lomba GAAAC 2017. Juara 1 diraih Universitas Indonesia, Juara 2 Politeknik Negeri Jakarta 1, Juara 3 Trisakti School of Management, Juara 4 Universitas Gunadarma. Juara Harapan 1 Universitas Gajah Mada 1, Juara Harapan 2 STIEB Bank Jogja 1, Juara Harapan 3 Unindra PGRI dan Juara Harapan 4 Universitas Muhammadiyah Makasar.

Tahun ini piala bergilir Fakultas Ekonomi Universtas Gunadarma dipegang oleh Universitas Indonesia.

Selamat untuk para pemenang ! UG

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS