Melongok Arsip Musik Indonesia

Melongok Arsip Musik Indonesia

87
0
SHARE
ALMANAK-COVER
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

ALMANAK-COVERReview Buku :
Judul: Almanak Musik Indonesia 2005-2015
Penulis: Kelik M. Nugroho
Penerbit: Yayasan Tali Kemanusiaan, Tangerang
Cetakan: Pertama, 2015
Tebal: 300 halaman
ISBN: 978-602-73654-0-7

Melongok Arsip Musik Indonesia

Buku ini merupakan dokumentasi kronik musik Indonesiadari tahun 2005 hingga 2015. Dalam rentang waktu tersebut, buku ini mengangkat peristiwa-peristiwa penting yang berkontribusi bagi dunia musik Indonesia. Buku ini juga menyajikan 100 kelompok musik (hand, orkes, dan kelompok vokal) kesohor yang lahir pada kurun 1950-1990, profil singkat musisi-musisi Indonesia terpilih, 150 lagu terbaik Indonesia versi Rolling Stone, serta daftar nomine penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2005-2014

Buku ini terdiri atas empat bab. Bab pertama, mencatat secara kronologis peristiwa musik Indonesia pada kurun 2005 hingga 2015. Bahan tulisan ini dari kliping berbagai media massa. Semisal kisah kegaduhan penyebaran kaos bersablon logo palu-arit berberapa waktu lalu, yang ternyata adalah sampul album band metal Kreator, yang tergolong kreatif, karena band asal Jerman ini pernah menanggung di Jakarta pada 24 April 2005. Saat itu tak ada keributan serupa itu.

Pada bab kedua, pembaca akan menemukan banyak kelompok musik yang memiliki andil besar di dunia musik Indonesia. Ada sederet nama yang familiar yakni Koes Plus, Panbers, Bimbo. Namun, ada pula kelompok musik yang kurang terkenal tapi sebenarnya mereka punya keunikan musikal, semisal grup musik eksentrik asal Jogja yang menggabungkan formula musik rock dengan musik tradisional era 70-an.

Pada bab ketiga, berisi profil para permusik. Yang menarik, para tokoh musik disebukatkan dalam nama aslinya yang kadang merupakan pengetahuan baru bagi pembaca. Sebut saja Addie MS nama aslinya adalah Addie Muljadi Sumaatmadja. Sudjiwo Tedjo ternyata nama aslinya adalah Agus Hadi Sudjiwo.

Tentu saja buku ini penting sebagai arsip perkembangan musik Indonesia. Kehadiran buku ini menjadi pengingat kita yang muda lupa akan sejarah

UG

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS