Memetik Manfaat dari Kedahsyatan Konektivitas Abad Ini

Memetik Manfaat dari Kedahsyatan Konektivitas Abad Ini

90
0
SHARE
the-seventh-sense
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

the-seventh-senseJudul: The Seventh Sense: Power, Fortune, and, Survival in The Age of Network
Penulis: Joshua Cooper Ramo
Penerbit: Little, Brown and Company
Cetakan: 1,2016
Tebal: viiii+343 halaman
ISBN: 978-0-316-39505-2

Memetik Manfaat dari Kedahsyatan Konektivitas Abad Ini

Buku best seller ini membahas tentang dahsyatnya kekuatan jaringan di abad ini. Bukan tentang indera ke-7 atau metafisika. Sang penulis memilik secara komprehensif apa yang terjadi di bidang teknologi, ekonomi, politik, dan sejarah, yang saling bertaut satu sama lain. Kok bisa?

Ya bisa. Semua kajian itu dimungkinkan karena sang penulis berlatar belakang pengalaman yang beragam. Dia seorang ekonom, pernah menjadi editor rubik luar negeri majalah Time, analis majalah Tiongkok yang fasih berbahasa Mandarin, pernah belajar Zen pad Master Nam. Kini dia adalah CEO pendamping Kissinger Associates, Komisaris Starbuck dan FedEx, serta pensahit strategi sejumlah perusahaan besar.

Inti yang mau disampaikan penulis buku ini adalah kedahsyatan kekuatan jaringan di abad ini. Revolusi Industri ratusan tahun yang lalu telah membuat tatanan dunia Barat tercabik-cabik. Terjadi proses penghancuran sekaligus penemuan baru. Filsuf Nietzsche ketika itu menyatakan, untuk bertahan dari guncangan Revolusi Industri, maka orang harus memiliki “Indera ke-6″. Maksudnya, sejenis kepekaan intuitif terhadap denyut, ritme sejarah, hingga mampu mengantisipasi apa yang bakal terjadi di masa depan.

Akan tetap, kini dibutuhkan kepekaan jenis lain. Sebab, saat ini tengah terjadi abad baru yang berlandaskan koneksi jaringan. Secara luas yakni meiputi jaringan internet, media sosial, jaringan keuangan dan pasar modal, basis data DNA dan kesehatam,jaringan riset, kota, narkoba, dan berbagai kombinasi inovasi yang mengiringnya.

Kekuatan jaringan yang dahsyat tersebut bisa memberikan kebaikan justru sebaliknya. Karena itu, menurut penulis buku ini, dibutuhkan ” Indera ke-7″ yakni kemampuan intuitif untuk mengobservasi suatu objek, melihat bagaimana dia dapat berubah drastis karena koneksi. Lantas, sadar mengantisipasi ke arah mana perubahan itu terjadi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS