Otobiografi ben Anderson, Seorang Indonesianis Sejati

Otobiografi ben Anderson, Seorang Indonesianis Sejati

110
0
SHARE
hidup di luar tempurung
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

hidup di luar tempurungJudul: Hidup di Luar Tempurung, Marjin Kiri, 2016
Penulis: Benedict Anderson
Penerjemah: Ronny Agustinus;
ISBN: 978-979-1260-596

Otobiografi ben Anderson, Seorang Indonesianis Sejati

Boleh dibilang buku ini adalah sebuah otobiografi, hal ini terutama pada bab pertamanya. Penulis buku ini, Benedict Anderson (Ben Anderson), wafat pada 13 Desember 2015. Tiga hari setelah kuliahnya di Universitas Indonesia yang bertajuk ” Anarkisme dan Nasionalisme”

Dua bulan sebelumnya, Ben menyelesaikan suntingan terjemahan bahasa inggris dari memoarnya yang dituliskan dalam bahasa Jepang. Edisi bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya terbit serentak pada 26 April 2016.

Buku ini terdiri atas enam bab pokok. Bab I, “Mata Muda yang Terus Berpindah”, mengisahkan suka-duka masa kecil sampai akhir masa belajar sang penulis di Universitas Cambridge. Bab II, “Kajian Wilayah” dab Bab III “Kerja Lapangan” memutuskan awal kariernya di almamater di Cornell University, risetnya, serta jatuh cintanya pada Indonesia dan kebudayaan Jawa.

Dua bab berikutnya tentang “Kerangka Perbandingan” dan “Interdispliner”, menguraikan perihal perubahan muda “berteori”, kritiknya pad bentukan ilmu-ilmu sosial dan humaniora di Amerika Serikat, dan perbandingan politik akademik di tengah Perang Dingin.

Bab VI, “Pensiun dan Pembebasan”, menceritakan penjelajahan barunya setelah bebas dari tugas akademik. Catatan penutupnya merangkup refleksi menyejarah atas kemajuan, kemiskinan pendidikan tinggi dan profesi, kemunduran berbahasa, duduk perkara yang Eropa dan Timur.

Buku ini juga menuturkan dunia yang terus bergolak, yaitu tentang revolusi pemuda di Indonesia (1945), rasis dan imprealisme di kampus (Cambridge 1956), gerakan Provo di Belanda (1954), invasi Amerika Serikat ke Vietnam (1965), dan pergelakan di dunia yang lainnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS