Wisuda Diploma Tiga, Sarjana, Magister, dan Doktor Universitas Gunadarma Menempati Peringkat Satu...

Wisuda Diploma Tiga, Sarjana, Magister, dan Doktor Universitas Gunadarma Menempati Peringkat Satu untuk Aspek Kemahasiswaan antar Perguruan Tinggi di Kopertis Wilayah III DKI

108
0
SHARE
Universitas Gunadarma menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma dalam rangka Wisuda Diploma Tiga, Sarjana, Magister, dan Doktor yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta, Senin (18/12). Wisuda diikuti oleh 2.288 orang berasal dari jenjang Diploma Tiga, Strata Satu, Program Magister, dan Program Doktor. Pada kesempatan ini dilakukan pula pemberian piala peringkat 1 kepada Universitas Gunadarma untuk Aspek Kemahasiswaan antar Perguruan Tinggi di Kopertis Wilayah III DKI.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Sebanyak 2.288 wisudawan tersebut terdiri dari 215 orang dari jenjang Diploma Tiga,  1.971 orang dari jenjang Strata Satu,, 96 orang dari Program Magister, 1 orang dari Program Doktor Bidang Ekonomi, 4 orang dari Program Doktor Bidang Teknologi Informasi dan 1 orang dari Program Doktor Bidang Psikologi.

Acara diawali dengan prosesi Senat Universitas Gunadarma yang dilanjutkan dengan pembukaan acara resmi Sidang Terbuka Senat UG oleh Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM.

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gunadarma sebelumnyas menyanyikan Himne dan Mars Universitas Gunadarma. Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara ini berdiri pada tahun 1989. Banyak prestasi yang sudah diraih. Terakhir UKM ini memenangkan Gold Prize (Tertinggi) Kategori Ethnics dan Silver Prize (Tertinggi) Kategori Classical Mixed Busan Choral dan Competitoion (BCFC) di Korea Selatan tahun 2016.

Perguruan Tinggi Swasta Unggulan

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM mengatakan, atas nama Senat Universitas Gunadarma ia menghaturkan terima kasih kepada para undangan yang berkenan memenuhi undangan, menghadiri acara yang membahagiakan tersebut.

Berbagai upaya dan prestasi telah dilakukan dan dicapai civitas akademika dalam menghasilkan lulusan yang unggul. Hal tersebut ditunjukan dengan berhasilnya Universitas Gunadarma memperoleh Akreditasi A untuk Akreditasi Institusi dari BAN PT bersama 39 Perguruan Tinggi lain baik PTN-PTS se-Indonesia.

Universitas Gunadarma saat ini menjadi Perguruan Tinggi Swasta Unggulan Nasional dalam Penerapan Internet berdasarkan Pemeringkatan Webometrics dan 4ICU. Universitas Gunadarma meraih peringkat ke-5 berdasarkan Akreditasi pada Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi Kemenristekdikti tahun 2016, sebagai Universitas Berprestasi Berbasis Teknologi Informasi. Memperoleh Peringkat Pertama di Kalangan Universitas untuk Aspek Kemahasiswaan pada Pemeringkatan Perguruan Tinggi Swasta Berdasarkan Data dalam Jaringan Kopertis Wilayah III tahun 2016.

Universitas Gunadarma juga menjadi Peserta Kedua pada Pameran Hasil Penelitian dan Pembangunan, Kemenristekdikti tahun 2016. Hasil ini merupakan wujud dari kerja keras berbagai pihak dan menunjukan bahwa situs UG (http://gunadarma.ac.id) banyak dirujuk dari luar, baik untuk referensi pengajaran, penelitian, maupun informasi lainnya.

Dalam hal pengajaran, Universitas Gunadarma mengasuh 7 fakultas. Adapun Program Diploma Tiga sendiri dari Program Diploma Teknologi Informasi, Program Diploma Bisnis dan Kewirausahaan, dan Program Diploma Kesehatan. Selain 30 Program Studi, pada tahun ini UG telah menambah 3 program studi baru yaitu Program Studi Ekonomi Syariah, Agroteknologi, dan Pariwisata. Sedang program Studi yang masih menyusul keluarnya ijin adalah Sastra Tiongkok, Desain Interior, Kedokteran, dan Komunikasi S2.

Perkembangan menggembirakan terjadi pada kegiatan penelitian dosen dari tahun 2011 hingga saat ini. Universitas Gunadarma  tetap memperoleh predikat sebagai Perguruan Tinggi Utama dalam Desentralisasi Penelitian dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti.

Tiap tahun jumlah proposan penelitian yang masuk ke Lembaga Penelitian (LP) meningkat tajam. Selain kuantitas, kualitas proposal juga meningkat. Peningkatan proposal ini tercermin dari makin banyaknya judul yang memenangkan hibah kompetisi, juga makin meningkatnya level hibah kompetisi yang diikuti.

Sumber utama pendanaan eksternal penelitian sampai saat ini dari kemenristekdikti serta Kementrian Pertahanan dalam skim Hibah Bersaing, Hibah Fundamental, Hibah Unggulan PT, Program Hibah Kompetisi Strategis Nasional (Straenas), Riset Andalan PT dan Indudtri (RAPID), Hibah Disertasi Doktor, Hibah Kompetensi, Hibah Kerjasama Internasional, dan Hibah Bela Negara.

Saat ini 61 Mahasiswa memperoleh Beasiswa Unggulan dari Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan studi maupun penelitian lanjutan ke beberapa negara diantaranya China, Korea, Uzbekistan, Jerman, Pernacis, Swedia, Belanda, dan Slovakia.

Peringkat Pertama

Usai mendengar sambutan rektor acara dilanjutkan  dengan sambutan Koordinator Kopertis Wilayah III DKI Jakarta Dr. Ir. Illah Sailah, MS. Dalam sambutannya Dr. Illah menyampaikan selamat kepada Rektor dan Civitas akademika Universitas Gunadarma atas berbagai Capaian yang sudah diraih.

Sambutan Koordinator Kopertis Wilayah III DKI Jakarta Dr.Ir. Illah Sailah, MS. mengucapkan selamat atas berbagai capaian yang sudah diraih.

Pemerintah meminta perguruan tinggi untuk senantiasa menerapkan  Sistem Penjaminan  Mutu Internal. Luaran dari Sistem Penjaminan Mutu Internal merupakan intput untuk proses akreditasi atau Sistem Penjaminan Mutu Ekternal yang dilakukan secara berkala oleh BAN-PT dan atau LAM untuk program studi. Saat ini baru 29 Perguruan Tinggi yang Meraih akreditasi institusi dengan peringkat A atau unggul, salah satunya Universitas Gunadarma.

Usai sambutan Koordinator Kopertis, acara dilanjutkan dengan Orasi Ilmiah oleh Dr. Cosmas Batubara. Mantan Menteri Perumahan Rakyat ini dalam orasinyha memaparkan perumahan menurut UUD 45, pasal 28 H ayat 1 UUD 45. Hal ini berarti negara berusaha memenuhi kebutuhan rumah yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Rumus menghitung perumahan yaitu dengan mengetahui jumlah penduduk, setiap rumah idealnya dihuni oleh 4 orang dan total jumlah penduduk dibagi, hasilnya adalah kebutuhan atau jumlah rumah yang harus dibangun. Beberapa kebijakan pemerintah jika masyarakat tidak bisa membangun perumahan adalah pemberian subsidi perumaham, Kredit Perumahan Rakyat dan Kebijakan Pemerintah Daerah.

Orasi Ilmiah Oleh Mantan Menteri Perumahan Rakyat, Dr. Cosmas Batubara yang memaparkan perumahan menurut UUD 45

Solusi untuk mengatasi kekurangan lahan di perkotaan menurut Cosmas adalah dengan peremajaan kota dan reklamasi. Peremajaan kota merupakan upaya perawatan kembali suatu wilayah dengan mengganti sebagian atau seluruh unsur-unsur lama dengan unsur baru dengan tujuan untuk meningkatkan kontribusi yang lebih baik secara keseluruhan.

Untuk kota besar karena keterbatasan lahan maka pemerintah daerah harus membangun rumah susun atau apartemen. Namun masyarakat belum terbiasa hidup dalam rusun atau apartemen sehingga para generasi muda perlu diedukasi.

Usai orasi acara dilanjutkan dengan pemberian piala peringkat 1 kepada Universitas Gunadarma untuk Aspek Kemahasiswaan antar Perguruan Tinggi di Kopertis Wilayah III kepada Rektor Universitas Gunadarma.

Selanjutnya pemberian penghargaan Beasiswa Prestasi selama 1 semester kepada 129 mahasiswa Universitas Gunadarma yang berprestasi di bidang akademik.

Acara Pelantikan

Setelah itu acara yang dinanti-nanti pun  tiba yaitu pelaksanaan Pelantikan Wisudawan yang dimulai dari Program Doktor Teknologi Informasi yakni Dr. Tavipia Rumambi dan Dr. Dyah Nur’ainingsih serta dari Program Doktor Ilmu Psikologi, Dr. Praesti Sedje.

Setelah itu pelantikan dilanjutkan dengan wisuda Program Diploma Tiga, Sarjana dan Magister. Dengan selesainya pelantikan wisudawan Program Magister, pelantikan wisudawan Universitas Gunadarma sesi pagi diskors Rektor.

Pada sesi siang, sidang kembali dibuka oleh Rektor Universitas Gunadarma dan dilanjutkan dengan sambutan Kopertis Wilayah III yang diberikan oleh Putut Pujogiri, SH selaku Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah III.

Usai sambutannya dari kopertis acara dilanjutkan dengan Prosesi Pengambilan Sumpah Profesi Psikolog Universitas Gunadarma. Pembacaan janji profesi Psikolog dipimpin oleh perwakilan Himpsi Prof. Dr. Hera Lestari, Psikolog didampingi oleh Ketua Program Magister Psikoogi Profesi Universitas Gunadarma Dr. M.M. Nilam Widyarini, Psikolog.

Janji Wisudawan yang diwakili oleh dari tiap 7 fakultas

Setelah itu acara pelantikan wisudawan yang dimulai dengan Program Doktor. Para doktor yang diwisuda dari Program Doktor Teknologi Informasi adalah Dr. N. Nugraha, Dr. Robby Chandra dan Dr. Aqwam Rosadi. Sedang dari Program Doktor Ilmu Ekonomi adalah Dr. Edi Pranoto.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Program Studi Diploma, Sarjana, dan Magister. Pada kesempatan ini dilakukan juga janji wisudawan yang diwakili 7 wakil wisudawan dari 7 fakultas.

Usai acara pelantikan sidang terbuka senat Universitas Gunadarma ditutup oleh Rektor setelah dilakukan pembacaan doa penutup oleh Drs. Sri Waluyo, MM .

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS