Meutia Rizka Swandayani

Meutia Rizka Swandayani

155
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

 

Mengaku suka berorganisasi, Meutia Rizka Swandayani memutuskan untuk aktif di BEM FIKTI begitu kuliah di Jurusan Sistem Informasi UG “Saat SMA saya cuma sempat aktif di OSIS setahun karena harus pindah sekolah, “kata mahasiswa angkatan 2015 ini.

Suka Berorganisasi

Walau baru bergabung dengan BEM FIKTI pada semester 3, ia sudah terlibat dengan sejumlah kegiatan di BEM tersebut. Saat dijumpai di kampus J1 saja, ia tengah bertugas di meja pendaftaran untuk kegiatan FOSC (FIKTI Open Sport Competition) yang diselenggarakan pada 16-21 Januari 2017. FOSC merupakan acara rutin yang digelar FIKTI dan tahun ini mempertandingan 5 cabang olahraga, yaitu; Futsal, Bulu tangkis untuk Ganda Putra, Ganda Campuran dan Tunggal Putra, Atletik 100 M dan 400 M, Catur dan Basket 3 on 3.

“Saya ingin punya kegiatan diluar kelas karena itu saya bergabung dengan BEM. Jadi saat menjadi mahasiswa tidak hanya kuliah di kelas saja,” kata Meutia.

Mengasyikan

Lahir di Pekanbaru pada 14 September 1997, Meutia menghabiskan waktunya di kota tersebut hingga kelas satu SMP. “Tapi saat semester dua saya pindah ke Karawang karena orangtua saya pindah kerja di sana,” ujar Meutia. “ Di Karawang saya sampai kelas X karena saat kelas XI saya pindah lagi, kali ini ke Bekasi karena orangtua saya pindah kerja lagi. Sekolah saya pun pindah dari SMA Negeri 1 Karawang ke SMA Negeri 3 Bekasi,”

Karena masalah pindah sekolah itulah Meutia tidak sempat aktif di organisasi sekolahnya, padahal ia mengaku suka berorganisasi “Saat SMA saya cuma sempat aktif di OSIS setahun karena harus pindah sekolah,” kata mahasiswa angkatan 2015 ini.

Meutia bergabung dengan BEM FIKTI di Departemen Seni Budaya Aktif di BEM membuat Meutia banyak bertemu dengan kawan baru, terutama dari jurusan lain yang ada di lingkungan FIKTI.

“Selain itu, semenjak aktif di BEM, saya merasakan kalau dunia kuliah itu mngengasyikan karena enggak cuma belajar di kelas. Kita juga bisa mengggunakan waktu buat bertemu orang-orang baru. Aktif di BEM juga membuat saya terlatih untuk menerima tanggung jawab,” tuturnya.

Walau begitu aktivitasnya tersebut terkadang mengharuskannya pulang lebih malam yang tentu saja membuat orangtuanya khawatir, “Karena kebanyakan rapat BEM memang diadakan di Kampus Depok. Tapi saya terus meyakinkan orangtua tentang kegiatan BEM ini supaya orangtua tidak khawatir lagi. Saya enjoy menjalaninya, yang penting bisa membagi waktu dengan baik,” tambahnya.

Mengajar TK

            Selain berorganisasi, Meutia mengaku suka matematika, menggambar dan Komputer, “Dari SD, saya sudah suka dengan matematika. Mungkin juga karena saya selalu mendapat guru matematika yang enak mengajarinya. Di rumah, adik-adik saya juga suka dengan hitung-hitungan,” ujar anak pertama dari tiga bersaudara ini.

Sejak di SD ia mengaku sudah suka komputer, “Untuk gambar, saya suka menggambar komik dan karikatur,” katanya. “Karena suka menggambar inilah saya sempat juga ingin kuliah di jurusan desain interior. Tapi akhirnya lebih memilih masuk jurusan Sistem Informasi.”

Ia memilih kuliah di jurusan Sistem Informasi UG karena ingin lebih mendalami komputer. “Dan saya mendapat banyak rekomendasi untuk kuliah di sini,” katanya.

Walau mengaku suka, bukan berarti tidak ada maslaah dengan materi kuliah yang ia terima. “Awalnya sempat kesulitan juga menerima materi algoritma, terutama soal codingnya. Tapi saya penasaran. Kalau enggak ngerti biasanya saya tanya teman yang lebih pintar. Kalau sudah mengerti ternyata malah mengasyikan materi ini,” paparnya.

Kesukaanya menggambar sempat membawanya pada pengalaman mengajar di sebuah Taman Kanak-Kanak.”Saat di SMA selama setahun saya sempat mengajar ekskul menggambar di sebuah Taman Kanak-kanak, mengajarinya sore hari,” ujarnya.

Pengalaman mengajar anak-anak memberi pelajaran berharga lain untuknya. “Saya belajar sabar menghadapi mereka dan belajar berkomunikasi dengan bahasa mereka supaya lebih komunkatif. Karena saya suka anak-anak jadi saya senang menjalaninya,” katanya.

Meutia berharap, saat selesai kuliah nanti ia bisa bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikannya. “Saya ingin menjadi System Analyst dan ingin kerja di kantor Google Indonesia sambil tetap meneruskan hobi menggambar saya. Karena itu kalau ada kesempatan saya ingin mendalami masalah desain gambar ini dengan mengambil kursus,” katanya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS