Diseminasi Hasil Hibah Pembelajaran Bela Negara dan Kegiatan Pelatihan Bela Negara

Diseminasi Hasil Hibah Pembelajaran Bela Negara dan Kegiatan Pelatihan Bela Negara

129
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Pelaksana Program Hibah Bela Negara Universitas Gunadarma menyelenggarakan Diseminasi Hasil Hibah Pembelajaran Bela Negara. Acara diselenggarakan di Auditorium Universitas Gunadarma Gedung 4 lantai 6 Kampus D Depok pada Sabtu (10/12). Dalam kesempatan tersebut Dr. D. L. Crispina Pardede menyebutkan, acara ini adalah diseminasi dari keberhasilan Universitas Gunadarma mendapat hibah dari Kemenristek Dikti yang berkaitan dengan Pembelajaran Bela Negara.

 

Pada pembukaan sekaligus pe,aparan materi pembelajaran bela negara Dr. Ati Harmoni menyebutkan, Universitas Gunadarma bersama 3 perguruan tinggi lain memenangkan hibah pembelajaran bela negara. Program ini merupakan yang pertama kalinya dilontarkan oleh Dikti. Di Universitas Gunadarma fakutas yang menjadi pilot project adalah Fakultas Ilmu Komunikasi.

Ati juga memaparkan mengenai konstelasi geografis Indonesia, juga kondisi Indonesia saat ini. Masih banyak persoalan di antaranya kualitas SDM masih rendah, daya saing masih rendah, ketiadaan tokoh panutan, peran serta mahasiswa sebagai agen perubahan masih diragukan dan semangat persatuan kabur. Kaum muda sekarang berada di simpang jalan karena lebih berorietasi pada pencapaian pribadi, akhlak yang rendah, sementara narkoba menjadi ancaman.

Tujuan dari program hibah ini adalah mendukung pembelajaran bela negara di Perguruan Tinggi dan penerapannya pada tingkat mahasiswa.Yang lebih spesifik lagi, meningkatkan karakter kebangsaan mahasiswa dala berpikir, bersosialisasi dan berperilaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya Dr. Edy Prihantoro memaparkan program penyusunan RPS dan materi pembelajaran Bela Negara. Fakultas Ilmu kounikasi adalah fakultas yang menjadi pilot project rencana pembelajaran semester. Diberikan pada semester 1 dengan bobot 2 SKS. Capaian pembelajaran Mata Kuliah adalah sikap diantaranya  bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. Berperan Sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggung jawab pada bangsa dan negara. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan  kepercayaan. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

Capaian keterampilan umum diantaranya adalah mampu menerapkan pemikiran yang logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Capaian pengetahuan memahami permasalahan yang dihadapi masyarakat bangsa dan negara secara konsisten dan berkesinambungan. Sedang capaian keterampilan khusus selain memahami permasalahan bangsa dan negara, menguasai konsep teoritis secara mendalam yang berkaitan dengan pengetahuan globalisasi, teori negara dan bangsa, demokrasi Indonesia dan sebagainya.

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dasar tentang konsep-konsep bangsa dan negara, dampak globalisasi, pelaksanaan demokrasi Indonesia, wawasan nasional Indonesia, nusantara, kesatuan nasional dan politik strategi nasional. Sedang metode pembelajaran, ceramah, Problem Based Learning, Project Based Learning, Praktik laboratorium, self learning dan presentasi.

Selanjutnya, Dr. Budi Prijanto memaparkan Program Pelatihan Bela Negara. Capaian pembelajaran yang terdiri dari sikap, keterampilan umum, pengetahuan dan keterampilan khusus, harus memenuhi unsur bela negara yang telah diterapkan Kementerian pertahanan yaitu cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan memiliki kemampuan bela negara.

Universitas Gunadarma sendiri mengirimkan 88 mahasiswa dan 11 dosen pendamping ditambah 2 asisten audio visual dalam kegiatan Pelatihan Bela Negara yang diadakan pada 1-4 Desember 2016. Kegiatan ini diikuti 298 mahasiswa dari empat perguruan tinggi dan diadakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bela Negaram Desa Cibodasm Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor.

Pada pelatihan tersebut para peserta diberi materi diantaranya, Kepemimpinan Berwawasan, Bela Negara, Arahan Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi.

Selain materi tersebut, para peserta juga diberi latihan baris-berbaris dan bela diri militer sementara beberapa perserta terpilih ikt berlatih bongkar-pasang senjata dengan mata tertutup. Kegiatan caraka malam menjadi kegiatan yang harus diikuti, yang melibatkan semua peserta, dosen pembimbing, instruktur/pelatih dan tenaga kesehatan.

Pada acara pembukaan yang didampingi langsung oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihanan Kemhan RI, Mayjen Hartind Asrin, sebagai Inspektur Upacara, dari Universitas Gunadarma hadir Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaaan, Irwan Bastiaon, Skom., MMSI beserta para Deputinya, yaitu Dr. Ati Harmoni, Dr. D. Crispina Pardede dan Budi Prijanto.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS