Ahmad Zambarkah Sarwo Surono – Tantangan Jangan Dijadikan Kendala

Ahmad Zambarkah Sarwo Surono – Tantangan Jangan Dijadikan Kendala

113
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Beberapa karya terbaik dipresentasikan pada kegiatan Diseminasi Hasil Karya Ilmiah Mahasiswa. Diantaranya adalah karya Ahma Zambarkah Sarwo Surono. Karyanya berupa Alat Pembaca Gerakan Lengan dengan Menggunakan Sensor Accelerometer dan Gyroscope untuk Menggerakan Robot Lengan Berbasi Arduino”. Ahmad merupakan mahasiswa Jurusan Sistem Komputer

Sebagian mahasiswa menganggap, membuat PI itu sulit, sebagian lagi mengatakan sebaliknya. Asalkan sudah puny aide, tinggal menuangkannya dalam bentuk tulisan. Karena itulah untuk mmemberi ide kepada mahasiswa lain, Jurusan SIstem Komputer dan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi menyekenggarakan Diseminasi Hasil Karya Ilmiah Mahasiswa.

Dua Alat

Ahmad Zambarka Sarwi Surono pun hadir dalam kegiatan diseminasi tersebut dengan karyanya berupa Alat Pembaca Gerakan Lengan dengan Menggunakan Sensor Accelerometer dan Gyroscope untuk Menggerakan Robot Lengan Berbasis Arduino”. Yang melatarbelakangi ia membuat karya tersebut, ia ingin membuat alat yang mudah dipakai untuk membaca gerakan lengan manusia.

“Nantinya alat ini dapat digunakan sebagai alat pengatur gerakan robot tipe lengan dan untuk multimedia,” kata Ahmad.

Ia sendiri terpikir membuat karya tersebut setelah mengetahui cara kerja sensor gyro dan accel yang ia pelajari. Adapun yang menjadi tujuan penelitiannya, agar ia bisa membaca gerakan lengan atas dan bawah manusia. Lalu dari pembacaan tersebut, ia dapat menggerakkan lengan robot yang terhubung wireless menggunakan media Bluetooth.

Cara kerja alat tersebut yang secara garis besar adalah dengan 2 alat. Alat yang dapat dipakai di lengan manusia yang disebut sebagai marker dan alat untuk menggerakan robot lengan yang disebut driver.

“Marker tersusun dari 1 unit arduino promini, 1 unit modul Bluetooth, 1 unit sensor mpu 6050, yakni gabungan sensor acceeroeter dan gyroscope dan 1 unit baterai lipo 600mAh. Sensor mpu 6050 akan membaca posisi lengan pada sumbu X dan Y terhadap Z,” ujarnya menjelaskan cara kerja karyanya.

Nilai sensor akan dikoncersi ke dalam nilai akuator/servo pada robot. Nilai ini nantinya akan ditransmisikan ke driver melalui Bluetooth. Pada driver nilai akan dijadikan nilai sudut gerakan servo pada robot lengan.

Teknologi yang dipakai adalah mikrokontroller 8-bit atmega 328 yang sudah tersusun dalam modul arduino. Teknologi Bluetoot sebagai media komunkasi tanpa kabel. Teknologi gyroscope dan accelerometer untuk membaca orientasi terhadap sumbu X dan Y.

Kendala yang ditemui dalam membuat karyanya ini adalah ketersediaan actuator berupa servo yang idealnya memiliki kecepatan dan prosi yang besar yang dapat menginmbangi kemampuan gerakan lengan manusia.

“Saya membuat karya ini saat bulan Ramadhan tahun lalu sehingga banyak kesempatan beribadah di bulan Ramadhan yang terlewat. Itulah dukanya,” katanya.

Mengasyikan

Bagi Ahmad, meneliti itu sesuuatu yang mengasyikan. “Karena kita menemukan hal baru yang bisa jadi belum ada yang menemukannya,” ujarnya. Ia sendiri mempunya prinsip, setiap tantangan jangan jadikan kendala.

Untuk meneliti memang memerlukan waktu yang tidak sedikit. “Karena itulah persiapkan pengaturan waktu yang baik. Peneliti juga wajib membuat log progress setiap hari pengerjaannya. Dan yang utama membuat goal/pencapaian kita sehingga dalam track yang benar. Jangan lupa untuk berdoa, agar penelitian kita dapat dimanfaatkan untuk kebaikan banyak orang,” tuturnya.

Dalam membuat karyanya ia perlu waktu 2 bulan. Dan dari evaluasi yang ia lakukan sendiri, yang harus disempurnakan dalam penelitian ini adalah penggunaan filter dalam pengambilan data dari sensor. “Dan tuning aktuatornya yang masih perlu dioptimalkan,” tambahnya.

Ahmad Subarkah yang merupakan mahasiswa ekstensi angkatan 2013 ini menyebutkan, jurusan Sistem Komputer yang diambilnya tidaklah berat. “Mungkin Elektronya yang perlu lebih banyak,” kata Ahmad.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS