Juara 2 Game Application KOMPRES 2017

Juara 2 Game Application KOMPRES 2017

297
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Riehard Natanael merupakan mahasiswa Jurusan Teknik informatika angkatan 2014. Ia pun bereerita tentang latar belakang ia membuat karya “Tap and Feel”. Aplikasi game ini cara bermainya mirip cara bermain bola basket. “Melempar bola dengan tujuan mengenai bagian atas target,” katanya.

Dalam bermain basket, ada gerakan yang sangat digemari, yakni gerakan slam dunk yaitu gerakan memasukkan bola basket langsung ke dalam keranjang yang bisa dilakukan dengan gerakan akrobatik yang berkekuatan luar biasa. Pemrograman yang digunakan pada Game ini diimplementasikan pada Android dengan versi minimum 4.4 Kitkat. Richard mengaku masih sangat baru menekuni dunia pemrograman game ini.

TIM SWEAT DREAM                                                    Juara 2 Game Application KOMPRES 2017

“Belum ada 6 bulan. Karena itu ketika ada lomba game ini saya ingin mencoba ikut. Penasaran juga sih seperti apa sih lomba aplikasi itu,” katanya. Sweet Dreams diambil dari nickname yang dipakainya setiap ia bermain game. Saat belum lomba ia tak bisa menerka apakah bisa dapat nomor juara atau tidak. Karena belum melihat karya orang lain, namun ketika melihat presentasi Peserta Tim lain ia optimis masuk tiga besar.

Hal menarik inilah yang menjadi alasan Richard membuat game permainan “Tap and Feel”. Lima belas level Manfaat game ini adalah membantu memberikan solusi dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan hiburan dalam bentuk game mobile dengan harapan dapat menghilangkan kejenuhan dan kepenatan sehari-hari. Selain itu, game ini sebagai sarana hiburan saat senggang.

Game yang dibuatnya dibatasi dalam 15 level. Hanya dapat dimainkan oleh satu player dan permainan bersifat offline. Game dibuat dengan menggunakan Unity 3D, Mono Develop sebagai script editor, C# sebagai bahasa Pemrogamannya.

Richard mempelajari berbagai genre game, yaitu; Game Action yang mengutamakan keramaian dan sensasi meriah dalam segala aktivitas permaianan, Game Adventure yang mengutamakan masalah eksplorasi dan pemecahan teka-teki namun terkadang digabung meliputi masalah konseptual dan tantangan fisik serta Game Strategy, yaitu mengandalkan kecerdasan pemain. dalam memilih strategi yang digunakan untuk memenangkan permainan atau melawan musuh.

Selain itu ada yang sepenuhnya berpikir tentang strategi seperti catur dan juga ada yang berpacu dengan Waktu seperti game perang, Game Shooting, segala jenis game yang bersifat tembak menembak. Lalu ada yang mengandalkan kecepatan refleks dan koordinasi mata-tangan dalam mengeker. Contohnya seperti counter strike dan point blank.

Game Simulation yaitu jenis game yang mensimulasikan hal nyata tertentu untuk membantu pemain yang tidak dapat melakukannya langsung di dunia nyata dan Game Education yang menggabung kesenangan permainan dengan suatu edukasi yang bermanfaat untuk pembelajaran.

Dua scene selain jenis tersebut di atas, ia juga belajar tentang Game Role Playing, suatu jenis game di mana pemain melakukan aktivitas yang sama berulang-ulang dengan tujuan tertentu. Biasanya contoh game ini menggunakan karakter dengan level yang harus diasah untuk memenangkan permainan.

Ada juga Game puzzle yang memberikan teka-teki tertentu seperti menyusun balok, menyamakan Wama, memecahkan perhitungan matematika dan melewati labirin. Game ini sering juga menjadi unsur game dalam game petualangan maupun game edukasi. Tampilan dalam gamenya sendiri terbagi dalam 2 scene, yaitu scene menu awal dan scene permainan. Scene menu awal yang akan muncul ketika game baru dibuka. Pada scene awal terdapat opsi wama bola dan mute/unmute audio selama bermain. Selain itu juga ada tombol play yang akan melanjutkan ke scene permaianan apabila diklik. Scene permainan di mana tempat user permain, terdapat informasi force/dorongan bola pada bagian atas dan tombol reload pada bagian bawah. Untuk

level seterusnya tampilan scene permainan tidak akan berubah, melainkan tantangan yang akan berubah. Struktur navigasi yang digunakan dalam permainan ini adalah struktur navigasi linier.

Game struktur navigasi digunakan untuk menggambarkan alur permainan dari awal hingga selesai. Tampilan terhagi dalam 2 scene, yaitu scene menu awal dan scene pcrmainan Struktur ini menampilkan satu demi satu tampilan layar secara berurutan menurut aturannya. Salah satu kesulitan Richard dalam membuat karyanya, karena sendiri ia pun harus bekerja sendiri. Walau begitu, akhimya karyanya bisa ia selesaikan dengan baik dan menjadi juara 2.

Selamat!

12UGNews   Vol 14. No. 09 – 20 Juni 2017

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS