Tim Syncroners Juara 2 Mobile Application Kompres 2017 – Membuat Aplikasi Hobi

Tim Syncroners Juara 2 Mobile Application Kompres 2017 – Membuat Aplikasi Hobi

199
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Kategori lomba dalam Kompres 2017 di antaranya Lomba Mobile Application, yaitu membuat aplikasi berbasis mobile yang dapat berupa Android atau iOS yang bertujuan menunjang komunitas di  bidang tertentu seperti kesehatan, hiburan, pelayanan masyarakat, pendidikan dan sebagainya. Juara 2 tahun ini untuk kategori Lomba Mobile Application  Community Solution, Tim Syncroners yang terdiri dari Syafiq Mansani, Dimas Ario dan Haryono,  dengan karya “Sync Application”

Seperti diketahui, Kompres merupakan kompetisi tahunan yang telah berlangsung selama 10 tahun dan diselenggarakan oleh Laboratorium Teknik Informatika di bawah naungan Jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma. Tahun ini kompres mengangkat tema “Community Solution” dengan harapan, penerapan teknologi yang digunakan dapat membantu berbagai macam komunitas dalam bersaing dan bertukar informasi melalui aplikasi.

Aplikasi karya Tim Syncroners yangberhasil menjadi juara kedua, yakni “Sync Application”, menurut Syafiq Mansani dibuat dengan tujuan menjadi wadah bagi setiap orang yang punya hobi, ketertarikan maupun kemampuan
akan sesuatu hal. Sync menyediakan berbagai macam event yang dilakukan komunitas secara perkategori. Kategori tersebut untuk mempermudah user menemukan event yang sesuai dengan minat, kemampuan  dan kertarikan yang dimiliki user.

Timeline event

Tim Syncroners terdiri dari Syafiq Mansani, Dimas Ario dan Haryono. Sync Application, karya mereka, bersifat “timeline event” di mana semua event yang dibuat oleh berbagai komunitas akan otomatis masuk ke dalam timeline dari Sync Application. “Hal ini tentunya mempermudah seorang user untuk menemukan event ter-update yang akan diadakan suatu komunitas,” ujar Syafiq

Sync juga menyediakan fitur kalender di mana fitur kalender ini akan menampilkan list berupa jadwal event yang akan datang. Sehingga user pun tidak perlu untuk menscroll untuk melihat event  yang akan diadakan oleh berbagai komunitas.

“Hal ini mempermudah user mengetahui semua event yang akan dilakukan oleh berbagai macam komunitas yang ada di sini,” tambah Syafiq.

Fitur selanjutnya yang ada di Sync yaitu fitur join di mana ketika seorang user join dengan suatu komunitas akan secara eksklusif mendapatkan informasi dari komunitas tersebut yaitu event yang akan diadakan komunitas tersebut. Secara langsung user akan mendapat notifikasi jika komnitas di mana ia sudah join, mempost suatu event baru serta memberikan reminder kepada user ketika event akan diselenggarakan.

Aplikasi ini bertujuan untuk membantu menyalurkan, hobi, ketertarikan dan kemampuan tertentu pada kegiatan
ataupun event yang dilakukan komunitas serta memberikan rekomendasi sebagai komunitas sesuai dengan kategori agar user dapat mendapatkan informasi tentang komunitas tersebut agar bisa menambah dan menyalurkan bakat serta minat yang dmiliki. Mempertemukan berbagai macam orang sesuai dengan kemampuan,ketertarikan ,maupun hobi. Menjadi wadah untuk semua event event maupun kegiatan apapun yang dilakukan oleh komunitas
yang ada.

Masyarakat Awam

Manfaat bagi masyarakat, memudahkan seorang user yang
memiliki hobi, ketertarikan dan kemampuan tertentu agar
dapat disalurkan ke-pada kegiatan maupun event tertentu.
Selain itu aplikasi ini juga memberikan berbagai informasi
lengkap tentang banyak hal yang berhubungan dengan suatu komunitas.

“Aplikasi ini juga memberikan suatu pengalaman baru kepada user untuk mengikuti atau mendatangi berbagai event tertentu sesuai dengan minat, ketertarikan serta
kemampuan seorang user. Selain itu, bisa membuat user
dapat mengembangkan potensi dibidang tertentu dan  juga bisa membuat user awam mampu menemukan hal atau ketertarikan akan suatu hal tertentu sesuai dengan bidangnya masing-masing,” papar Syafiq

Target penggunanya adalah masyarakat awam, orang-orang yang ingin mengikuti atau bergabung ke dalam suatu
komunitas tertentu. Target yang lain, mereka yang memiliki ketertarikan atau kemampuan akan suatu bidang tertentu dan yang masih mencari tahu tentang bakat, minat serta ketertarikan yang dimiliki.

Aplikasi ini berbasis Android yang hanya dapat dijalankan pada device mobile atau smartphone pada umumnya.
Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler. “Kami membuat app android menggunakan
Android studio karena fitur dalam Android studio lebih lengkap dan mudah digunakan dalam membuat suatu aplikasi,” kata Syafiq lagi.

Bahasa pemrograman yang digunakan, Java dan Xml. Bahasa Java biasa digunakan dalam mengoperasikan
berjalannya suatu proses source code program dan algoritma, agar diaplikasi yang telah dibuat dapat berfungsi dan berjalan dengan baik.

Mengomentari karya timnya yang keluar sebagai juara 2 kategori Lomba Mobile Application Kompres 2017, Syafiq mengatakan sebagai suatu hal yang tidak mereka sangka. “Hasilnya sunguh di luar dugaan. Apalagi kami membuatnya
dengan waktu pengerjaan yang singkat,” katanya.

Selamat Tim Syncroners!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS