Muhammad Fajar Isman : Berbagai Aliran Berkumpul Namun Tetap Satu

Muhammad Fajar Isman : Berbagai Aliran Berkumpul Namun Tetap Satu

125
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Menurut Muhammad Fajar Isman, hobi berolahraganya berawal dari sang ibu yang ingin anaknya punya kegiatan olahraga. “Saat di kelas 5 SD saya masuk klub bulutangkis. Namun gara-gara tempat berlatih bulutangkis jauh dari rumah, saya pun pindah ke karate yang tempat latihannya lebih dekat dengan rumah. Olahraga inilah yang akhirnya saya tekuni hingga sekarang. Saya berhenti dari bulutangkis setelah satu tahun berlatih di sana,” tutur Fajar tentang aktivitas olahraganya. “Sebelum menekuni karate saya juga pernah berlatih silat namun tidak berlanjut.”

Begitu menekuni karate, anak kedua dari dua bersaudara ini ternyata menyukai olaharaga beladiri ini. Hingga lulus SMP ia terus menekuni karate selanjutnya ia pun melanjutkan studinya ke kota Malang. Saat di SMA ia terus berolahraga karate hingga kelas satu.

“Karena tempat saya berlatih di sana alirannya lain dengan yang saya ikuti sebelumnya, di kelas dua saya pun berhenti,” kata Fajar.

Disiplin dan tanggung jawab

Begitu kuliah di UG, Fajar pun mencari tahu tentang kegiatan karate di kampusnya. Begitu mendapat informasi tentang keberadaan UK Beladiri Karate UG, ia langsung bergabung. Ia memang telah berniat bila kuliah ia akan aktif dalam kegiatan ekskul karate di kampusnya. Sebelum menjadi ketua UK Beladiri Karate periode 2017/2018, awalnya ia menjadi angggota dan tahun berikutnya ia dipercaya menjadi Sekretaris II. Pada periode lalu, ia dipercaya menjadi Sekretaris Umum hingga kemudian terpilih sebagai ketua pada kepengurusan sekarang.

Tentu saja banyak manfaat yang ia peroleh dari olahraga ini. “Yang sudah pasti, saya tidak gampang sakit. Olahraga ini juga mengajarkan disiplin dan tanggung jawab,” tambah mahasiswa kelahiran Cirebon, 31 Agustus 1996 ini.

Begitu bergabung dengan UK Karate, ia pun meyesuaikan dirinya lagi untuk berlatih.”Di sini berkumpul berbagai aliran karate, namun kita tetap satu menjadi UK Beladiri Karate UG. Saat dipercaya sebagai ketua, saya pun melanjutkan program yang sudah ada dan sudah berjalan sebelumnya,” tambah Fajar yang selain berolahraga juga senang menulis ini.

UK Beladiri Karate UG berlatih secara rutin di Kampus D, setiap hari Rabu, Jumat pada pukul 16.00 dan hari Minggu pada pukul 09.00. “Selain itu ada juga program latihan bersama mahasiswa Kalimalang dan Depok setiap sebulan sekali,” kata Fajar yang pernah menjadi Juara 2 Kumite Walikota Jakarta Utara ini.

Beberapa waktu yang lalu, UK Karate Beladiri UG baru saja mengadakan latihan gabungan semua Unit Kegiatan Beladiri yang ada di UG. Acara berlangsung di Sport Center Kampus H. “Pada Februari 2017, kami juga menyelenggarakan latihan alam di daerah Puncak Jawa Barat. Acara rutin ini merupakan acara pengkaderan anggota baru yang diikuti oleh 40 anggota baru dan 50 orang pengurus,” katanya.

Tiga terbaik

Setamatnya dari SMK Negeri 6 Malang, Fajar pun melanjutkan studi ke UG. “Kakak yang menyarankan saya untuk kuliah di sini karena UG adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik,” ujar Fajar.

Fajar menyukai otomotif karena itu saat di SMK ia memilih jurusan otomotif. Ia pun pernah masuk sebagai salah satu dari tiga lulusan terbaik dari jurusan otomotif di SMK nya. Saat kuliah ia memilih jurusan Teknik Mesin UG juga karena saran dari sang kakak.

“Tapi begitu mulai kuliah, saya langsung suka dengan materi kuliah yang saya terima karena banyak yang bisa digali dari jurusan teknik mesin ini. Apalagi di jurusan ini ada praktikum dan program praktik yang menunjang perkuliahan,” tambah mahasiswa jurusan Teknik Mesin angkatan 2014 ini.

Sekarang ini Fajar sedang berkutat dengan proses PI-nya Antiplastisized Polyvinyl Chloride UP 4 inch Nominal Diameter 100 mm. “Salah satu syarat PI di jurusan Teknik Mesin, harus kerja praktik. Dan saya kerja praktik di perusahaan yang begerak dalam pembuatan pipa UPVC. Dan kerja praktik ini menginspirasi PI saya, “ kata Fajar yang pernah ikut serta dalam Program Dodik Bela Negara di mana ada 3 orang dari UK Beladiri Karate UG yang menjadi wakil dalam program tersebut.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS