Kisah Perjalanan Spiritual Seorang Penulis Novel

Kisah Perjalanan Spiritual Seorang Penulis Novel

107
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Judul Buku: “Dari Ngalian Ke Sendowo”
Penulis: Nh. Dini
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Pertama, Mei 2015
Halaman: 268 halaman
ISBN: 978-602-03-1651-2
Peresensi: Arti Ahmad

Novel ini menyuguhkan serangkaian perjalanan spiritual kehidupan seorang Nh. Dini. Dengan gaya penyampaian yang masih menarik seperti seri cerita kenangan pendahulunya, ‘Dari Ngalian ke Sendowo’ menceritakan perpindahan penulis dari Ngalian, Semarang ke Sendowo, Yogyakarta.

Masih menggunakan gaya bahasanya yang lembut ‘miyayeni’ tapi menyengat, Nh. Dini menceritakan serangkaian perjalanan kehidupannya di ambang usia 70 tahun. Perjalanan kehidupannya yang didasari oleh dorong-dorongan pemikiran yang gamblang, pilihan yang didasari dari hati diceritakan begitu bening di buku ini. Bahkan serangkaian pandangan penulis tentang sesuatu hal yang dia lihat, mampu diresapi dengan apik lewat tulisan yang sebisa dapat dikemas dalam kesederhanaan rangkaian kata, guna menggiring pembaca agar tidak jenuh dengan apa yang disuguhkan penulis dalam tiap jengkal cerita

Dari buku ini pula, bisa dilihat betapa jeli penulis dalam menceritakan kembali hal-hal yang pernah ia temui. Penggambaran tentang suatu tempat, keadaan lingkungan, bahkan orang-orang di sekitarnya mampu diceritakan kembali dengan tajam dan jernih. Tempat-tempat yang pernah dikunjunginya bertahun silam masih disuguhkan secara apik lewat beberapa bagian cerita lewat penggambaran yang gamblang. Contoh konkrit saat penulis berkunjung ke Tanah Melayu. Setiap tempat yang dikunjungi mampu diceritakan secara detail dengan gambaran yang mampu ditangkap pembaca. Bahkan asal-usul suatu nama tempat dituliskan penulis sebagai tambahan informasi juga dijelaskan secara terang.

Buku yang dapat dimasukkan sebagai jenis novel autobiografis ini tak ubahnya tolok ukur penulis dalam memandang kehidupan yang pernah ia lalui. Meski tentu saja, tak sekomplek yang benar-benar penulis alami. Tak hanya pengalaman yang mengesankan atau menyenangkan yang diceritakan penulis, melainkan tentang kehilangan, ketidak nyamanan, bahkan kemuraman perasaan ketika menghadapi sesuatu hal yang tak sesuai dengan yang dikehendaki penulis diceritakan dalam alur yang runtut dan jelas.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS