Menyelami Sejarah G 30 S PKI

Menyelami Sejarah G 30 S PKI

101
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Judul Buku : Siapa Sebenarnya Soeharto – Fakta dan Kesaksian Para Pelaku Sejarah G-30-S/PKI
Penulis : Erros Jarot, dkk
Penerbit : Media Kita
Cetakan : Cetakan Ketujuh 2007 (Cetakan Pertama 2006)
Tebal : 117 halaman

Buku ini menyajikan cerita lain dari peristiwa G-30-S/PKI dengan titik bahasan Soeharto sebagai salah satu pelaku penting. Walaupun materi buku ini dikumpulkan dari berbagai wawancara dengan para pelaku sejarah yang berkaitan dengan peristiwa tersebut pada waktu yang berbeda-beda, namun ternyata hasilnya menunjukkan suatu garis kronologis yang jelas, teratur dan tidak bisa disangkal lagi menghasilkan suatu kesimpulan yang amat berbeda dengan apa yang selama ini kebanyakan orang pahami sekitar peristiwa G-30-S/PKI. Selama ini, seperti yang selalu disampaikan oleh media ‘Orde Baru’ lewat film G-30-S/PKI karya Arifin C. Noer, Soeharto seolah menjadi orang yang paling bersih, tidak memiliki ambisi apa-apa, namun akhirnya menjadi sosok yang mau tidak mau harus melakukan tindakan untuk menyelamatkan republik dalam ‘pergolakan’ tanggal 30 September 1965. Di dalam buku ini, semua wawancara yang dilakukan telah membalikkan apa yang selama ini dipahami oleh kebanyakan orang. Seorang yang penuh ambisi, dengan kepentingan yang dibawa, penuh dendam dan yang paling mengejutkan adalah ‘kurang’ memiliki belas kasihan. CIA yang sarat kepentingan politik dan menginginkan pion yang bisa dijadikan permainan catur, klop dengan latar belakang Jendral ‘berbintang lima’ beserta segala kepentingan politiknya dan tentunya dengan kesempatan yang ada untuk menyingkirkan lawan-lawan politik lewat rencana CC PKI lewat G-30-S/PKI untuk melakukan penculikan para jenderal dengan isu adanya Dewan Jenderal. Teman adalah sebatas kepentingan.

Wawancara yang dilakukan untuk mengumpulkan materi pada buku ini cukup komprehensif. Mulai dari jajaran birokrat, politikus, militer, intelijen sampai sejarawan sudah cukup mewakili berbagai macam sudut pandang para pelaku sejarah. Analisis yang dilakukan oleh penulis juga cukup logis dan saling berkaitan antara satu sumber dengan sumber yang lain. Penulis juga lebih mengetengahkan fakta dalam analisisnya sehingga analisis lebih cenderung obyektif dibandingkan untuk menyebutnya subyektif.

Isi yang menyajikan sesuatu yang berbeda dari yang ada selama ini dipahami kebanyakan orang, tidak terlalu tebal, lugas, dan bahasa yang mudah dipahami membuat buku ini layak untuk dibaca. Anda akan menyelami sejarah sebagai seorang militer bawahan, teman atau atasan Soeharto. Atau dibawa menjadi seorang agen rahasia ganda (CIA, KGB dan ABRI) yang memerankan sesuatu yang tidak bisa dipandang remeh. Siapakah PKI? Siapakah Untung? Siapakah Brigjen Latief? Siapakah para Jenderal itu? Dan yang terakhir adalah Siapakah Soeharto? Anda dapat menemukannya dengan menbaca buku ini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS