Lokakarya Pengembangan Kompetensi Psikodiagnostik

Lokakarya Pengembangan Kompetensi Psikodiagnostik

257
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma menyelenggarakan lokakarya yang berlangsung tanggal 8, 15 dan 16 Desember 2017.

Sebagai fasilitator hadir Dr. Ahmad Gimmy Prathama, Msi dari Universitas Padjadjaran, Bandung. Kegiatan ini berlangsung di Kampus Graha Simatupang, Jakarta.

Ketua Pelaksana Dr. MM Nilam Widyarini menyebutkan, Lokakarya bertema ” Pengembangan Kompetensi Psikodiagnostik ” ini diselenggarakan untuk para dosen Psikologi Universitas Gunadarma, adapun jumlah peserta lokakarya tersebut ada 25 peserta.

Sebelumnya acara serupa pernah diselenggarakan hanya saja dalam waktu hanya satu hari, khusus update interprestasi tes. namun sekarang menjadi luas.

“Saat itu fasilitator Dosen Psikologi Universitas Gunadarma  Dr. Dona Eka Putri yang merupakan Psikolog dan Pimpinan Biro Konsultasi Psikologi Universitas Gunadarma.”

Lokakarya kali ini mengundang Dr. A Gimmy Prathama, Msi dari Universitas Padjadjaran. Penyelenggaraan lokakarya ini dilangsungkan selama 3 hari karena banyak jenis tes yang dilatihkan terutama dalam hal interprestasi hasil tes yang menjadi kewenang psikolog. Baik Kelompok tes kepribadian maupun tes kemampuan.

Selain itu juga agar bisa berlatih mengungkap faktor – faktor kekuatan individu (ranah Psikologi positif) yang merupakan perkembangan baru dari dunia Psikologi, lalu mengintergrasikanya dalam laporan asesmen individu.

Pada Awal Lokakarya Dr. Gimmy Prathama, Msi memaparkan kajian kepribadian diri yang terdiri dari struktur, dinamika, perkembangan kepribadian, hambatan perkembangan mulai bermasalah sampai patologi dan intervensi.

Ia lalu memaparkan 3 klasifikasi tes yang terbagi sebagai berikut: yaitu ability test, general ability, special ability-aptitude, personality test.

Pada Lokakarya ini juga dilatih tes (Draw a Person) sebagai salah satu metode untuk menguak tabir dari kepribadian manusia.

07UGNews   Vol 14. No. 22 – 05 Januari 2018

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS