Membuat Karya Sistem Pemantauan dan Pengendalian Tanaman Hidroponik dengan IoT

Membuat Karya Sistem Pemantauan dan Pengendalian Tanaman Hidroponik dengan IoT

682
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.
Tiga mahasiswa Universitas Gunadarma yaitu bagas Naufal insani, Riki Muhamad Rizik dan Primastya Yoesanangga, membuat karya berupa sistem pemantauan.

sistem pemantauan dan pengendalian tanaman hidroponik dengan memanfaatkan Internet of things, salah satu teknologi yang sedang berkembang saat ini. Karya mereka pun sempat diikutsertakan pada lomba AITEC Agricultural Innovation Technology.

Bagas Naufal Insani dan Riki Muhamad Rizik merupakan mahasiswa teknik komputer angkatan 2014 sementara primastya yoesanangga adalah mahasiswa jurusan argoteknologi angkatan 2016. mereka membuat karya yang kemudian diikutsertakan pada lomba yang dikhususkan untuk perguruan tinggi jurusan pertanian.

Internet of Things atau IoT merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang saat ini, yaitu sebuah konsep dimana obyek memiliki kemampuan

Untuk mentransfer data melalui jaringan internet tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

Salah satu dari pengaplikasiannya adalah pemantauan dan pengendalian sistem hidroponik yang merupakan sistem menanam.

Dengan memanfaatkan tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kemudian mereka mengembangkan aplikasi yang dibuat pada sebuah platform mobile yang saat ini sering digunakan yaitu Android.

Tujuan dari Aplikasi Ini

adalah untuk memantau keadaan tanaman pada sistem hidroponik dari jarak secara real – time, mengendalikan sistem hidroponik dari jarak jauh.

menggunakan Internet of Things melalui aplikasi pada smartphone dan mengkoneksikan aplikasi pada layanan Cloud sistem hidroponik.

12UGNews   Vol 14. No. 22 – 05 Januari 2018

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS