Ahmad Zambarkah “Tantangan jangan dijadikan Kendala”

Ahmad Zambarkah “Tantangan jangan dijadikan Kendala”

239
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Beberapa karya terbaik dipresentasikan pada  kegiatan Diseminasi Hasil Karya Ilmiah Mahasiswa. Diantaranya adalah karya Ahmad Zambarkah Sarwo Surono. 

Karyanya berupa Alat Pembaca Gerkan Lengan dengan menggunakan Sensor Accelerometer dan Gyroscope untuk menggerakan robot lengan Berbasis Arduino”. Ahmad merupakan mahasiswa Jurusan Sistem Komputer.

Ia sendiri terpikir membuat karya tersebut setelah mengetahui cara kerja sensor gyro dan accel yang ia pelajari. Adapun yang menjadi tujuan penelitiannya, agar ia bisa membaca gerakan lengan atas dan bawah manusia.

Lalu dari pembacaan tersebut, ia dapat menggerakan lengan robot yang terhubung wireless menggunakan media Bluetooth. Cara kerja alat tersebut yang secara garis besar adalah dengan 2 alat.

Alat yang dapat dipakai di lengan manusia yang disebutnya sebagai marker dan alat untuk menggerakan robot lengan yang disebut driver.

“Marker tersusun dari 1 unit arduino promini, 1 unit modul Bluetooth, 1 unit sensor mpu 6050, yakni gabungan sensor accelerometer dan gyroscope dan 1 unit batere lipo mAh.”

Dengan sensor itu dapat membaca posisi lengan pada sumbu X dan Y terhadap Z,” Ujarnya menjelaskan cara kerja karyanya. Nilai sensor akan dikonversi ke dalam nilai akuator/servo pada robot. Nilai ini nantinya ini akan ditransmisikan ke driver melalui bluetooth.

Dalam membuat karyanya, ia perlu waktu 2 bulan. Dan dari evaluasi yang ia lakukan sendiri, yang harus disempurnakan dalam penelitan ini adalah penggunaan filter dalam pengambilan data sensor, dan juga tuning akuatornya yang masih perlu dioptimalkan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS