Kompetisi “HIMTI HackFest : A Competitive Day Of Cyber Security Challenge”

Kompetisi “HIMTI HackFest : A Competitive Day Of Cyber Security Challenge”

205
0
SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Kompetisi HIMTI HackFest ini merupakan kompetisi cyber security pertama yang diadakan oleh organisasi internal gundar. Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) dan Cyber Community UG (CCUG) yang berhasil merealisasikan kompetisi dengan tema “A Competitive Day Of Cyber Security Challenge” ini berharap mahasiswa gundar menunjukkan kemampuannya khususnya di bidang keamanan komputer.

Acara ini juga bentuk perwujudan dari permintaan banyak pihak khususnya mahasiswa Teknik Informarika sendiri yang menginginkan suatu kompetisi ataupun perlombaan baik untuk menunjukkan kemampuannya atau hanya sekadar menambah wawasan.

Siapa itu HIMTI dan CCUG yang mengadakan HIMTI HackFest?

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika atau yang sering disebut dengan HIMTI adalah mereka yang masih aktif menjalani program pendidikan di Jurusan Teknik Informatika Gunadarma. HIMTI didirikan di Depok pada tahun 1992. Salah satu tujuan HIMTI ialah membentuk Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berwawasan intelektual dalam bidang Teknik Informatika. Sehingga memiliki salah satu tugas pokok yaitu Menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Gunadarma baik akademis maupun non akademis. Mengingat tujuan dan tugas pokok HIMTI tersebut di atas maka dibuatlah kompetisi HIMTI HackFest ini.

CCUG merupakan kependekan dari Cyber Community UG ialah komunitas eksternal dari Universitas Gunadarma. Didirikan dengan tujuan membentuk tim kompetitif hacking untuk menjadi perwakilan Universitas Gunadarma di kompetisi cyber security sekaligus menjadi wadah bagi mahasiswa yang ingin mendalami ilmu di bidang keamanan komputer. Komunitas yang walaupun belum genap berumur satu tahun namun telah mengharumkan nama Universitas Gunadarma. CCUG giat mengikuti kompetisi nasional seperti Slashroot, Gemastik dan Joints. Tidak hanya sekadar mengikuti kompetisi, CCUG juga memenangkan kompetisi di Arkavidia ITB dan AMIKOM HackFest.

Tentang HIMTI HackFest

Dalam HIMTI HackFest terdapat 5 kategori challenge yang ada di kompetisi ini yaitu
1. Binary Exploitation : Membongkar suatu program, menganalisa, mencari kelemahan lalu mengeksploitasinya.
2. Cryptography : Menganalisa kriptografi klasik maupun modern lalu mencari cara untuk menyerangnya.
3. Digital Forensic : Menganalisa data tersembunyi didalam suatu file.
4. Reverse Engineering : Menganalisa apa yang dilakukan oleh suatu program.
5. Website Hacking : Menganalisa kelemahan suatu website lalu mengeksploitasinya.

Pendaftaran HIMTI HackFest dimulai dari tanggal 2 Mei hingga berakhirnya penyisihan yaitu tanggal 29 Mei. Penyisihan sendiri resmi dibuka pada tanggal 22 Mei hingga 29 Mei. Pendaftaran dan Penyisihan dilakukan secara online. Pada tanggal 2 Mei, 10 orang dengan score tertinggi akan mengikuti final yang akan diadakan di kampus F6 Depok. Untuk pendaftaran bisa klik disini.

Selain HIMTI dan CCUG yang mengadakan kompetisi ini, HIMTI HackFest juga bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika, Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer dan BEM Fakultas Ilmu Komputer &  Teknologi Informasi Universitas Gunadarma.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS