SHARE
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

UKM Fajrul Islam kembali menyelenggarakan kegiatan KURMA |Karunia Ukhuwah Ramadhan Penuh Hikmah| yang diadakan setiap bulan puasa hingga Idul Fitri tiba. Pada Ramadhan 1439 H Kurma bertemakan Ramadhan as a Unity to Create Glorious Ummah. Kurma 1439 H berlangsung pada 2 Mei-15 Juni 2018.

Ketua Pelaksana Kurma 1439 Ilham Hidayat Bismark. Semoga tetap istiqomah untuk terus mengadakan kegiatan keislaman di Kampus Gunadarma
Ketua Pelaksana Kurma 1439 Ilham Hidayat Bismark. Semoga tetap istiqomah untuk terus mengadakan kegiatan keislaman di Kampus Gunadarma

Ramadhan adalah bulan yang penuh hikmah dan Allah SWT menjanjikan segala amalan yang dilakukan di bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya. Dan KURMA yang diadakan saat Ramadhan hingga tibanya hari Raya, merupakan kegiatan yang terdiri dari beberapa rangkaian acara. KURMA menjadi acara rutín tahunan yang diadakan oleh UKM Fajrul Islam dan selalu mendapatkan apresiasi yang baik dari berbagai píhak karena sajian acaranya menarik dan bermanfaat.

Kegiatan KURMA diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih baik dari kegiatan sebelumnya sehingga dapat memperluas wawasan mahasiswa dan masyarakat umum. Menurut Ketua Pelaksana KURMA 2018, Ilham Hidayat Bismark, tujuan kegiatan, untuk memperingati hari besar keagamaan seperti yang diajarkan Rasalullah SAW meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta tsaqofah Islamiyah yang sebenarnya, mempererat ukuwah diantara sesama muslim di lingkungan Universitas Gunadarma dan sekitarnya. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri dalam hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama.

Bukber Alumni dan TPA Khalifah Kurma 1439 Kalimalang
Bukber Alumni dan TPA Khalifah Kurma 1439 Kalimalang

Lebih dari 30 tahun

Menurut sejarah Fajrul Islam KURMA diadakan dalam perayaan hari besar Islam, termasuk Ramadhan dan Idul Fitri sejak cikal bakal Rohis Universitas Gunadarma yaitu sejak tahun 1198. “Jadi bisa dikatakan kegiatan ini sudah diadakan selama dari 30 tahun di Universitas Gunadarma”, katanya.

Ketua Umum UKM Fajrul Islam, Kartiko Pramudito menjelaskan, tahun ini bentuk kegiatan yang diselenggarakan adalah Seminar yang merupakan pengajaran non akademis bernuansa Islam kepada peserta berupa inspirasi dan motivasi untuk meningkatkan rasa syukur dan keimanan serta pengetahuan keislaman yang sebenarnya. Peserta seminar adalah civitas akademika Universitas Gunadarma dan masyarakat umum.

Selain seminar, ada pula kegiatan Festival, yang terdiri dari perlombaan dalam berbagai bidang, pameran dan pertunjukan atau hasil karya lomba yang telah diadakan serta kemeriahan dalam penyambutan Ramadhan. Peserta festival juga civitas akademika UG dan masyakrakat umum.

Dalam sambutannya Kartiko Pramudito menyebutkan, acara KURMA yang setiap tahun selama bulan Ramadhan ini banyak sekali kegiatannya yakni berupa lomba, seminar, penyediaan takjil di dua masjid, zakat dan kegiatan sosial. Melalui kegiatan ini UKM Fajrul Islam mengajak mahasiswa untuk merasakan euphoria Ramadhan di kampus di tengah pelaksaan UTS.

“Semoga tidak menjadi penghalang dalam melakukan kebaikan”, katanya.

Festival yang diadakan kali ini adalah Lomba Desain Poster di mana yang berhasil menjadi Juara Umum, Diari Tri Juhari dari Universitas Gunadarma. Juara favorit Muhammad Luqmansyah dari SMAN 1 Menganti. Juara umum untuk Fotografi diraih oleh Denny Rizky Mulyaramdan dari Universitas Gunadarma. Sebagai Juara Favorit Ullya Nada dari Universitas Gunadarma.

Lomba MTQ Kurma 1439 Depok
Lomba MTQ Kurma 1439 Depok

Para juara untuk Lomba MTQ untuk laki-laki, Juara 1 Ziharul Mubarak dari Universitas Gunadarma, Juara 2 Aditya Halomoan Daulay dari SMAN 6 Depok dan Juara 3 Ilman Nafian dari Institut Sains dan Teknologi Nasional. Untuk Lomba MTQ untuk perempuan, Juara 1 Deli Fatmawati dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Juara 2 Imas Saumi Amalaia dari IPB dan juara 3 Dini Dessya Luthfiani dari IPB.

Kegiatan Sosial

Kegiatan sosial pada KURMA tahun ini berupa pengabdian sosial bernuansa Islam kepada civitas kampus dan masyarakat sekitar Kampus Universitas Gunadarma serta menjadi wadah bagi seluruh Organisasi Mahasiswa untuk saling mengenal. Peserta masyarakat umum dan panti asuhan.

Donor Darah Kurma 1439H
Donor Darah Kurma 1439H

Tahun ini bakti sosial berupa donor darah diselenggarakn pada 3 Mei 2018 di Masjid Nurul Ilmi Kampus E yang diikuti oleh 79 pendonor. Sedang bakti sosial masyarakat diselenggarakan pada 27 Mei 2018 yang diberikan bagi masyarakat sekitar Universitas Gunadarma dengan memberikan pelatihan pengolahan sampah, sembako murah dan serta baju, buku dan sepatu gratis.

Donor Darah Kurma 1439H
Donor Darah Kurma 1439H

Bakti sosial diselenggarakan 8 Juni 2018 di Yayasan Al Amanah, Bedahan, Depok. Santunan dan buka bersama pengurus yayasan yang melibatkan sebanyak 120 anak yatim. Kegiatan lain berupa cek kesehatan gratis di Karawaci pada 24 Mei 2018, tebar parsel dan tebar takjil.

Kegiatan masjid yaitu pengadaan konsumsi berbuka puasa di masjid selama sebulan penuh di masjid Kampus E dan Kampus D, pelaksanaan sholat tarawih sebulan penuh di kedua masjid tersebut dan I’tikaf 10 hari terakhir di masjid kampus D sertapelaksanaan sholat Idul Fitri.

Ifthor Kurma 1439 Depok
Ifthor Kurma 1439 Depok

KURMA juga menerima zakat dari masyarakat umum dan khususnya civitas kampus, sekaligus menyalurkannya kepada mereka yang berhak dan berada di sekitar Kampus Gunadarma. Total 49 orang muzaki (orang yang wajib memberi zakat) yang kemudian disalurkan kepada 49 orang mustahik (orang yang berhak menerima zakat). Sedang infaq sedekah disalurkan kepada ACT untuk donasi Ramadhan.

 

KURMA dalam penyelenggaraannya mengundang pimpinan Universitas Gunadarma, Organisasi mahasiswa yang berada di lingkungan Gunadarma. Lembaga Dawah Kampus se-Jakarta dan sekitarnya serta alumni Fajrul Islam.

Tebar Parsel Kurma 1439H
Tebar Parsel Kurma 1439H

KURMA 1439 H menyelenggarakan seminar sebagai salah satu rangkaian acaranya. Seminar diselenggarakan di tiga region Kampus Gunadarma, yakni di Kampus Karawaci, Depok dan Kampus J1 Bekasi, Seminar di Kampus Karawaci bertema “Building the Young Generation for the Future of Islam and Indonesia”. Seminar ini menghadirkan pembicara Ahmad Solechan, MSi, selaku Ketua Yayasan Mata Air Indonesia, Abdul Wahab, selaku CEO Santri Online, Founder @santriprogresi. Seminar diadakan di Auditorium K2121 pada pukul 13.00-16.00 WIB, pada 31 Mei 2018.

Seminar Kurma 1439 H Depok
Seminar Kurma 1439 H Depok

Di Kampus Depok seminar mengangkat tema “Be United in a Blessing Month” dengan pembicara Ustadz Ardhy Surya Nugraha, Riris Setio Rini, selaku founder Sahabat Muslimah. Seminar diselenggarakan pada 5 Juni 2018 di Auditorium D462 pada pukul 09.00-12.00 WIB. Seminar di Kampus Kalimalang diselenggarakan selama 2 hari berupa Seminar AL Quran dan talkshow Muslimahpreneur. Seminar Al Quran bertema “Ramadhan Sharing; Memorizing Al Qur’an,” dengan pembicara Ustadz Nanda Kurnia dan berlangsung di Ruang Cinema J167 Universitas Gunadarma pada 5 Juni 2018, pukul 09.00-12.00. Talkshow Muslimahpreneur bertemakan “Are You Ready to be a Great Muslimahpreneur” menghadirkan pembicara Umi Indadari selaku Muslimahpreneur, Founder Niqab Squad, Syifa Rizkqy Amanda (Muslimahpreneur), CEO Abyza dan alumni Fajrul Islam. Kegiatan berlangsung pada 6 Juni 2018 di Ruang Cinema J167 Universitas Gunadarma, pukul 09.00-12.00

Pameran Lomba Fotografi dan Desain Poster Kurma 1439 Kalimalang
Pameran Lomba Fotografi dan Desain Poster Kurma 1439 Kalimalang

Dalam sambutan penutupannya Ketua Pelaksana Kurma 1439 Ilham Hidayat Bismark melaporkan, acara yang diselenggarakan UKM Fajrul Islam ini bekerja sama dengan PMI Kota Depok, ACT Aksi Cepat Tanggap. Ia juga mengucapkan terimakasih pada para sponsor yaitu BAZNAZ Republik Indonesia, Contin Motospot, Sinergi Komunitas Bekasi, ACT Aksi Cepat Tanggap, Roti Tembem, Sedekah Harian, PT. ASABA, Ayam Kepo, Bintal Kementrian Keuangan RI, Roti Maryam Echoo, Waroeng Sadjak, Cordofa-Corps Dai Dompet Dhuafa, Air Mineral Alami AIA, Ayam Geprek hohaah, PPPA Daruul Quran, Sabana Foundation dan D’Besto.

Seminar Kurma 1439 Depok
Seminar Kurma 1439 Depok

Ia juga melaporkan peserta KURMA yang tahun ini mencapai 1000 partisipan dari berbagai instansi. Diantara IPB, PNJ, Institut Teknologi Sumatera, UI, Unes, Universitas Hamkam Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Universitas Al Azhar Indonesia, Unsri Palembang, UIN Makassar, UIN Jakarta, STEI SEBI, Muslim Designer Community, One Day One Juz, Pondok Informatika Al Madinah, SMAIT As Syifa BS, SMKN 2 Yogyakarta.

KURMA juga bekerja sama dengan rekan media yaitu FSLDK (Forum Silaturrahmi Lembaga Dakwah Kampus) Banten – Jakarta – Depok – Bekasi, Muslim Designer Community, Share Event, Dunia Hijab, Anak Gundar dot com, Bekasi Hijaber COmmunity, Tangerang Event, Rajanya Event, Depok info.com, LDK Salim UNJ, Prisma Al Azhar, GemaIndonesia dan BEM Fakultas se-Universitas Gunadarma serta Organisasi Mahasiswa yang ada di Universitas Gunadarma.

Pengumuman Lomba Fotograsi dan Desain Poster Kurma 1439 Depok
Pengumuman Lomba Fotograsi dan Desain Poster Kurma 1439 Depok

Ilham berharap, semoga UKM Fajrul Islam tetap istiqomah untuk terus mengadakan kegiatan keislaman di Kampus Gunadarma. Ia juga meminta agar rekan rekan terus bersemangat dengan lantunan takbir Allahu Akbar. “Semoga dengan lantunan takbir kita bisa tetap semangat dari Allah menjaga semangat kita sampai Idul Fitri ini dan berlanjut untuk seterusnya”, katanya.

UGNews – Vol 15. No. 10-05 Juli 2018

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

NO COMMENTS